13/12/2017 07:20:00

Ketahui bahaya internet untuk anak anda. teknologi yang paling menarik di awal milenium ini adalah internet, internet adalah wujud dari kebebasan berbagi dan mendapatkan informasi. ada banyak hal yang bisa ditemukan dari internet yang berdampak langsung dengan penggunanya. Tetapi faktanya internet tidak serta merta bisa membedakan penguna dewasa dan anak-anak, perlu tindakan tertentu untuk mem_filter informasi yang diminta oleh pengguna. 

Jangan menggunakan smartphone yang sama dengan anak anda.

Sebuah pembenaran dilakukan orang tua ketika meminjamkan smartphone kepada anaknya. meminjamkan smartphone kepada anak anda menjadi hal yang biasa saja, dengan berbagai alasan dan tujuan tertentu tetapi itu bisa jadi kesalahan besar kenapa ? Karena itu smartphone anda maka semua informasi yang akan muncul berdasarkan nama, umur dan histori pencarian anda. jadi informasi yang diberikan berkategorikan dengan umur dan kebiasaan anda, bukan umur dari anak anda! jadi hasilnya adalah apa yang anda bisa temukan di internet itu juga yang ditemukan oleh anak anda. Saran saya sebaiknya anda menyiapkan smartphone berbeda untuk anak. jangan meminjamkan smartphone ke anak anda kecuali bersamanya.

Jangan Menggunakan Akun yang sama.

Penggunaan akun ini sangat sepeleh tetapi menjadi kunci informasi untuk memfilter pencarian berdasarkan umur lokasi dan kebiasan (cache), saran saya buatkan akun tersendiri untuk anak anda. Gunakakan tanggal lahir, jenis kelamin, negara dan informasi lainnya sesuai dengan faktanya. untuk informasi profile picture dan alamat lengkap tergantung pertimbangan anda. 

Dengan membutkan akun berbeda untuk anak akan membatasi produk-produk google menampikan informasi, misalnya hasil pencarian google, vidoe youtube dan iklan akan disesuaikan dengan umur anak.

Penggunaan search enggine

Jangan membiasakan menggunakan search enggine, ini bisa mejadi fatal. biasakan menggunakan bookmark atau shortcut untuk mengakses situs /  website tertentu. jadi akses ke website lebih mudah dan terkontrol, untuk anak dibawah umur tidak ada salahnya orang tua memberikan akses informasi hanya apa yang anak perlukan. jika diberikan akses ke search enggine akan memberikan peluang ke anak untuk mendapatkan informasi sesuai dengan imaginasi mereka.

Bijak Dengan google suggest / history

Google sebegai perusahaan utama pada layanan internet saat ini bekerja berdasarkan riwayat pengguna. jadi apa yang pengguna cari akan disimpan dan dikategorikan dan menjadikannya informasi dasar. misalnya anda pernah mencari baju di onlie shop, maka jangan heran ketika membuka social media iklan yang muncul baju di online shop yang anda cari tadi atau ketika anda mencari sesuai di website tertentu muncul iklan berdasarkan apa yang anda cari sebelumnya. Jadi sebaiknya hati-hati mengunjungi situs tertentu bisa jadi hasil pencarian anda muncul ketika anak anda menggunakan gadget dari anda.

Jadi bisa disimpulkan google sebagai layanan utama internet memberikan informasi berdasarkan data akun dan riwayat penggunaannya. alangkah bijaknya penggunaan smartphone anak berbeda dengan smartphone anda.