14/11/2017 02:40:00

Berdasarkan peratuan pemerintah no Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 maka diwajibkan kepada seluruh pengguna kartu prayer untuk melakukan registrasi kartu menggunakan Nomor Kartu Tanda Pendudukan dan Nomor Kartu Keluarga, Kebijakan ini diambil sebagai bagian untuk mencegah beberapa kejahatan yang menggunakan media komunikasi sebagai alat untuk melakukan kejahatan, misalnya penyebar informasi HOAX, penipuan, Bulliying dan sebagaianya.

Mungkin sobat pernah mendapatkan pesan singkat (SMS) yang sumbernya tidak jelas, yang menyatakan anda menang undian dengan nilai yang pantastis, namun ketika anda mencoba menghubunginya ternyata anda diharuskan transfer dana kenomor rekening tertentu dengan alasan pajak. Bagi sebagian orang informasi ini sudah pasti tidak benar, tapi untuk beberapa orang dan kondisi tertentu si calon korban akan menanggapi pesan seperti ini dengan melakukan transfer tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Dengan kebijakan Registrasi Kartu Prabayar  Hal seperti diatas bukanya akan hilang tetapi jika itu terjadi maka pihak berwajib akan mudah mengetahui pemilik nomor pengirim pesan. Selain contoh kasus seperti ini, akan banyak informasi yang bisa dilakukan dengan Registrasi Kartu Prabayar.

CARA REGISTRASI KARTU PRABAYAR


Sebelum melajutkan Registrasi Kartu Prabayar berikut cara melakukan Registrasi Kartu Prabayar operator tekomsel, XL Axiata, dan Indosat. Ingat Ada du acara mekakukan registrasi kartu yaitu Nomor Lama dan Nomor Baru jadi jangan salah. Jika nomor anda sudah aktif sebelumnya artinya anda masuk pelanggang lama, begitu juga sebaliknya.

Nomor Pelanggan Lama (Kartu Sim Aktif)

  1. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Telkomsel (Simpati, Kartu AS):
    ULAN'>LANG16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif XL Axiata (XL, Axis) :
    ULAN'>LANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  3. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:
    ULAN'>LANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Nomor Pelanggan Baru (Pembeli Kartu Sim Perdana)

  1. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Telkomsel (Simpati, Kartu AS):
    REG16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Registrasi kartu SIM prabayar perdana XL Axiata (XL, Axis) :
    DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK
  3. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:
    16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Kenapa Wajib melakukan registrasi kartu prabayar ?

Kebijakan Registrasi kartu ini adalah upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama pelanggan prabayar sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity.

Berikut beberapa point penting registrasi kartu prabayar

  1. Diberlakukan validasi data calon pelanggan dan pelanggan lama berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang terekam di database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).
  2. Registrasi dapat dilakukan langsung oleh calon pelanggan yang membeli kartu perdana, serta registrasi ulang bagi pelanggan lama.
  3. Dampak dari tidak dilakukannya registrasi sesuai ketentuan ini adalah calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan pemblokiran nomor pelanggan lama secara bertahap.
  4. Pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan masing-masing penyelenggara jasa telekomunikasi seputar info registrasi atau ke Ditjen Dukcapil untuk info data kependudukan.
  5. Ketentuan baru ini berlaku mulai 31 Oktober 2017.

Bagaimana ? Apakah anda sudah melakukan Registrasi Kartu Prabayar.