17/12/2017 02:35:00

Sistem Operasi Komputer adalah software yang paling penting yang berjalan pada komputer. sistem operasi komputer mengatur memori dan prosesing pada komputer , serta semua perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa mengetahui bagaimana bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak akan berguna .

Sistem operasi komuter memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer; Sistem operasi komuter terbuat dari ratusan ribu baris kode. Sistem operasi komuter biasanya dibuat dengan C #, C, C ++, dan bahasa pemrograman assembly. sistem operasi memungkinkan Anda untuk menavigasi melalui komputer sekaligus menciptakan penyimpanan dan menjalankan perintah.

Sistem Operasi adalah program dengan fitur berikut

Sebuah sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai antarmuka antara perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Sistem Operasi Komputer adalah set terpadu program khusus yang digunakan untuk mengelola sumber daya secara keseluruhan dan operasi dari komputer.

sistem operasi komputer adalah perangkat lunak khusus yang mengontrol dan memantau pelaksanaan semua program lain yang berada di komputer, termasuk program aplikasi dan perangkat lunak sistem lainnya.

Fungsi sistem operasi komputer adalah

  1. Membuat komputer nyaman digunakan dan efisien.
  2. Sebagai antarmuka yang nyaman antara pengguna untuk menggunakan sistem komputer.
  3. Untuk bertindak sebagai perantara antara perangkat keras dan penggunanya, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan sumber daya lainnya.
  4. sistem operasi komputer mengelola sumber daya sistem komputer.
  5. Untuk melacak siapa yang menggunakan yang sumber daya, pemberian permintaan sumber daya, dan mediasi permintaan yang bertentangan dari program yang berbeda dan pengguna.
  6. Untuk menyediakan sumber daya di antara pengguna dan program komputer.

Karakteristik Sistem Operasi

Berikut adalah daftar dari beberapa ciri-ciri yang paling menonjol dari Sistem Operasi komputer

  1. Manajemen memori
    Menyimpan melacak memori utama, yaitu apa bagian dari itu sedang digunakan oleh siapa, apa bagian tidak digunakan, dll dan mengalokasikan memori ketika proses atau program memintanya.
  2. Processor Manajemen
    Mengalokasikan prosesor (CPU) ke proses dan deallocates prosesor ketika tidak lagi diperlukan.
  3. Manajemen perangkat
    Menyimpan melacak semua perangkat. Ini juga disebut I / O controller yang memutuskan mana proses mendapatkan perangkat, kapan, dan berapa banyak waktu.
  4. File Managemen
    Mengatur penggunaan Media Penyimpanan contohnya pembagian drive.
  5. Keamanan
    Mencegah akses tidak sah ke program dan data dengan cara password dan teknik serupa lainnya.
  6. Job Accounting
    Menyimpan melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai pekerjaan dan / atau pengguna.
  7. Pengendalian Kinerja Sistem
    Merekam penundaan antara permintaan untuk layanan dan dari sistem.
  8. Interaksi dengan Operator

interaksi dapat terjadi melalui konsol dari komputer dalam bentuk instruksi. Sistem Operasi mengakui sama, apakah tindakan yang sesuai, dan menginformasikan operasi dengan tampilan layar.

  1. Mendeteksi Kesalahan
    Hapus FIle, jejak, pesan kesalahan, dan debugging lainnya.
  2. Koordinasi Antara Software lain dan Pengguna
    koordinasi dan penugasan dari kompiler, interpreter, perakit, dan perangkat lunak lain untuk berbagai pengguna dari sistem komputer.

Contoh Sistem Operasi Komputer

Microsoft Windows
Windows menciptakan sistem operasi Windows  di pertengahan 1980-an. Selama bertahun-tahun, ada banyak versi yang berbeda dari Windows, tapi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows dilengkapi pre-loaded pada kebanyakan PC baru, yang membantu untuk membuatnya menjadi sistem operasi paling populer di dunia.

Mac OS X
Mac OS adalah sistem operasi komputer buatan Apple. digunakan di semua komputer Macintosh baru, atau Mac. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), dan versi spesifiknya termasuk El Capitan (diluncurkan pada tahun 2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), dan Lion (2011) .

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Mac OS X memiliki kurang dari 10% sistem operasi global-jauh lebih rendah dari pada persentase pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih memilih tampilan dan desain Mac OS X dari pada Windows.

Linux
Linux (diucapkan LINN-ux) adalah keluarga sistem operasi open-source, yang berarti dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi komputer ini berbeda dengan perangkat lunak seperti Windows, yang hanya bisa dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Keunggulan Linux adalah gratis, dan ada banyak distribusi - atau versinya - yang dapat Anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Linux memiliki kurang dari 2% sistem operasi global. Namun, kebanyakan server menjalankan Linux karena relatif mudah untuk mengoperasikannya.