25/03/2018 03:30:00

Pernahkah Anda bertanya  cara kerja internet, tetapi tidak memilik pengetahuan teknis? Tidak masalah, Anda berada di blok yang tepat. Saya akan mencoba menjelaskan dasar-dasar cara kerja internet tanpa terlalu teknis. Untuk memulainya pahami terlebih dahulu bahwa internet tidak lebih dari sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jaringan komputer besar dunia yang saling terhubung secara bersama dengan tujuan berbagi konten.

Setiap komputer atau perangkat jaringan yang terhubung ke internet memiliki dua hal yang wajib ada yaitu koneksi fisik terdiri melalui kabel fisik atau perangkat wireless dan memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk menafsirkan / mengirim / menerima berbagai protokol internet. Protokol mengacu pada cara data ditransfer dari satu perangkat ke perangkat berikutnya.

Sebagai contoh, tampilan halaman web menggunakan protokol yang berbeda daripada mengirim email. Untungnya, perangkat lunak melakukan semua ini secara otomatis untuk kita, jadi kita tidak perlu memahami teknologi yang mendasari. Untuk lebih paham cara kerja internet ada baiknya anda membaca postingan istilah internet.

Saya  akan menjeleskan bagaimana cara kerja internet ketika seseorang membuka situs web untuk mendapatkan pandangan konseptual bagaimana internet bekerja.

  1. Pengguna membuka browser web dan mengetik di URL, yang merupakan nama situs website.
  2. Permintaan URL dikirim melalui LAN ke penyedia layanan internet seperti telkom, indosat dan lainnya.
  3. Penyedia layanan internet kemudian mengirimkan URL yang diminta ke server DNS eksternal .
  4. Server DNS eksternal kemudian mencocokkan URL dengan Alamat IP eksternal yang ditugaskan ke LAN yang menghosting situs web itu dan permintaan kemudian dikirim ke jaringan.
  5. Jaringan hosting situs web yang menerima permintaan dan kemudian mengirimkannya ke server DNS internal sendiri .
  6. Server DNS internal cocok dengan URL yang diminta ke alamat IP internal dari server web yang sebenarnya di mana file yang membuat situs web disimpan secara fisik.
  7. Permintaan kemudian dikirim ke server web dan paket server web atas file yang membentuk situs web yang diminta.
  8. Situs web yang semuanya dikemas sekarang membuat perjalanan kembali terbalik sepanjang jalur akses sebelumnya kembali ke komputer yang awalnya membuat permintaan.
  9. Browser web pada komputer itu kemudian menafsirkan file teks yang penuh dengan kode komputer yang dikirimkan kepadanya oleh server web yang menghosting situs dan menampilkannya sebagai situs web grafis.

Ini adalah gambaran cara kerja internet, jadi bisa dilihat bahwa sebenarnya ketika anda membuka sebuah halaman website sebenarnya anda mengakses sebuah komputer sever di tempat lain yang tehubung dengan internet service provider anda.